Pilih Ongkos Kirim Mana ? (perbandingan Wahana, JNE, Tiki, Pos Indonesia)
Setelah beberapa tahun bergelut di production yang melayani dropshiper akhirnya jadi hafal tentang min plus tiap2 shipping service dari beberapa agen yang bisa jadi pertimbangan permisah..
iseng2 saya ke wahana (agen ini sempat hits di tahun 2011 2012 karena murah tapi terlupakan karena service yang buruk) karena wahana buka cabang dekat rumah saya maka iseng2 berangkatlah kesana bawa 2 packingan yang tiap barang bernilai 400 ribu dengan tanda tanya.. "masihkah semurah dahulu dan kenapa banyak testi yg jelek?"
karena menurut pengalaman saya dahulu (2011) meskipun belum pernah ngalamin barang nyasar tapi client udah ogah duluan kalau saya bilang kirim pakai wahana.
sesampainya di kantor tsbt saya disambut mbak2 yang rada judes bahkan ketika baru ngomong saya langsung dipotong. spontan saya langsung marah2 ke mbak tersebut (mungkin efek mensturasi juga :D ) "mbak, saya belum selesai ngomong jangan dipotong dulu, pelayanan itu memperngaruhi loyalitas"
Bener aja mbaknya tertegun langsung jadi baik banget sama saya.. (saya juga kaget kayanya saya gak pernah marah :D )
Sekarang pengiriman wahana udah berubah, lebih strict. Dimana ketika saya kasih alamat client saya pihak wahana bersihkukuh bahwa alamat tersebut kurang lengkap barang cuman nama "gang" sebelah barat atau timur jadi masalah, padahal client saya di sebuah kantor pemerintahan.
Berbeda dengan JNE dimana saya pernah ngirim dengan alamat yang sama dan mereka gak se-strict itu.
menurut mbaknya ke-strict-an tersebut adalah hasil needs developmetn dari kekurangan yang pernah terjadi sebelumnya, karena mmg wahana mainnya di low to mid jadi dilatar belakangi kejadian :
1. banyak kurir yang resign karena sering nombok, karena dahulu ada sistem kirim express (1 hari) dan si kurir ini kalau ternyata terlambat bakal kena denda dimana denda yg menumpuk melebihi gaji nya.
*sekarang sistem kirim express dihapuskan, yang ada semua seragam 3 hari.
2. karena banyak kiriman yg mahal tanpa jujur harga realnya (biar gak kena asuransi) maka kalau barang tersebut jatuh, kebawa, ilang (sebuah cerita katanya pernah ada karena ditinggal shalat dan motornya di parkiran) tidak kena ganti rugi.
*sekarang jujur aja ttg harga barang real karena charge nya juga low bgt kok cm 1500 per kg
3. karena gaji kurir tsbt sedikit maka alamat harus yang detail banget. (rt, rw, kecamatan, keluarahan, provinsi, kode pos)
*sistemnya kurir tersebut di sub-sub pada daerah2 tertentu dan mereka gak moving dari area tersebut.
4. karena kebanyakan kurir pakainya motor dan cabang nya limit maka semua harus dicover plastik/lakban.
*biar gak kehujanan dan tetap fresh.
setelah mendengar penjelasan tersebut rasanya cukup reasonable juga mengirim dengan wahana dan saya juga salut sama kerja keras dari timnya yang serius fokus di low to mid, sayangnya wahana ini solid di p.jawa saja untuk selain jawa hanya di kota besar dan terbatas.
oke lets move on review saya kali .
1. WAHANA (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu)
*PLUS*
a. Murah
b. Bisa cek online (tracking) di www.wahanaonline.com karena website www.wahana.com lagi maintenance (per maret 2015), tapi khusus cek ongkir tetep ke www.wahana.com
c. Bisa request mau bukti pembayaran yang bisa kelihatan ongkos kirim nya di client (non digital) atau sebaliknya (digital)
d. On time (semua seragam 3 hari, pengalaman saya 2 hari aja udah nyampe)
e. Menyediakan paket kiriman yang hitungannya per 5 kg (beda divisi tapi satu kantor)
*MINUS*
a. Cabangnya sedikit
b. Penulisan alamat yang strict (kalau belum lengkap barang dikembalikan)
c. Wrapping yang strict (harus dibungkus plastik atau lakban)
d. Gak ada sistem kiriman express (semua seragam 3 hari, pengalaman saya 2 hari aja udah nyampe)
e. Hanya efektif di Pulau Jawa
2. JNE (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu)
www.jne.co.id
*PLUS*
a. Cabangnya banyak (menjamur)
b. Penulisan alamat gak ribet (kalau tujuannya instansi pemerintahan biasanya gak detail2 banget)
c. Wrappingnya simple (kalau kiriman kita pakai kertas secara otomatis dikasih plastik transparan)
d. On time (saya pernah habis jutaan untuk kirim barang karena kejar deadline jadi pakai yg YES yakin esok sampai, jadi worth it lah mahal untuk beli waktu)
e. Efektif seluruh Indonesia
*MINUS*
a. Mahal (bisa dibilang agen yg plg mahal, kalau volume banyak harga jadi selangit. pengalaman saya kirim pakai ini 2 kg jadi 9 kg karena volume)
3. POS INDONESIA (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu) (Jam ini berlaku di Kantor pos pusat dan franchise, bukan cabang)
http://www.posindonesia.co.id
*PLUS*
a. Cabangnya banyak (belakangan ini buka sistem franchise)
b. Lebih murah dari JNE
c. Wrapping suka2 (boleh kertas tapi kalau mau di doble plastik bayar 2000)
d. On time
e. Efektif seluruh Indonesia (pengalaman barang client di Makassar belum sampai2 juga, akhirnya saya telepon pos disana, dan katanya barang masih di kantor pos karena pas dijabanin rumahnya kosong)
f. Ada jasa wrapping/bungkus (mmg gak resmi sih, tapi biasanya ditawarin kok jasa ini di kios terdekat)
g. Penulisan alamat gak ribet (kalau tujuannya instansi pemerintahan biasanya gak detail2 banget)
*MINUS*
a. Websitenya sering error (kalau mau cek ongkir jadi lama)
b. Scroll nya "dari dan alamat tujuan" di website terlalu panjang (jadi kalau lewat HP kudu telaten milihnya (saya sih mendingan pakai laptop))
c. Tracking online sering gak reliable (misalnya saya tracking masih aja kosong eh tau2 saya udah dipanggil front office buat ambil barang)
d. Ongkos kirim yang tertera di website belum ditambah pajak (jadi misal ongkir 15000 biasanya di kantor posnya jadi 18000-20000 (kadang bikin deg2an juga ya secara buat kita2 yang berdagang krn bikin nombok ongkir))
e. Pelayanan di kantor cabang biasanya lebih judes (kalau saya mending di kantor pusat sekalian atau di franchise)
4. TIKI
http://www.tiki-online.com/
Saya terbilang jarang kirim pakai TIKI, so far berdasarkan pengalaman saya yang terakhir :
*PLUS*
a. Satu2nya agen yang jam 7 pagi udah buka
b. Lebih murah dari pada JNE dan Pos (Versi website dan Aplikasi Ongkos Kirim Android)
c. On time
*MINUS*
a. Cabangnya jarang2
Nah teman2.. semoga artikel ini membantu dalam memilih agen yang cucok :D
iseng2 saya ke wahana (agen ini sempat hits di tahun 2011 2012 karena murah tapi terlupakan karena service yang buruk) karena wahana buka cabang dekat rumah saya maka iseng2 berangkatlah kesana bawa 2 packingan yang tiap barang bernilai 400 ribu dengan tanda tanya.. "masihkah semurah dahulu dan kenapa banyak testi yg jelek?"
karena menurut pengalaman saya dahulu (2011) meskipun belum pernah ngalamin barang nyasar tapi client udah ogah duluan kalau saya bilang kirim pakai wahana.
sesampainya di kantor tsbt saya disambut mbak2 yang rada judes bahkan ketika baru ngomong saya langsung dipotong. spontan saya langsung marah2 ke mbak tersebut (mungkin efek mensturasi juga :D ) "mbak, saya belum selesai ngomong jangan dipotong dulu, pelayanan itu memperngaruhi loyalitas"
Bener aja mbaknya tertegun langsung jadi baik banget sama saya.. (saya juga kaget kayanya saya gak pernah marah :D )
Sekarang pengiriman wahana udah berubah, lebih strict. Dimana ketika saya kasih alamat client saya pihak wahana bersihkukuh bahwa alamat tersebut kurang lengkap barang cuman nama "gang" sebelah barat atau timur jadi masalah, padahal client saya di sebuah kantor pemerintahan.
Berbeda dengan JNE dimana saya pernah ngirim dengan alamat yang sama dan mereka gak se-strict itu.
menurut mbaknya ke-strict-an tersebut adalah hasil needs developmetn dari kekurangan yang pernah terjadi sebelumnya, karena mmg wahana mainnya di low to mid jadi dilatar belakangi kejadian :
1. banyak kurir yang resign karena sering nombok, karena dahulu ada sistem kirim express (1 hari) dan si kurir ini kalau ternyata terlambat bakal kena denda dimana denda yg menumpuk melebihi gaji nya.
*sekarang sistem kirim express dihapuskan, yang ada semua seragam 3 hari.
2. karena banyak kiriman yg mahal tanpa jujur harga realnya (biar gak kena asuransi) maka kalau barang tersebut jatuh, kebawa, ilang (sebuah cerita katanya pernah ada karena ditinggal shalat dan motornya di parkiran) tidak kena ganti rugi.
*sekarang jujur aja ttg harga barang real karena charge nya juga low bgt kok cm 1500 per kg
3. karena gaji kurir tsbt sedikit maka alamat harus yang detail banget. (rt, rw, kecamatan, keluarahan, provinsi, kode pos)
*sistemnya kurir tersebut di sub-sub pada daerah2 tertentu dan mereka gak moving dari area tersebut.
4. karena kebanyakan kurir pakainya motor dan cabang nya limit maka semua harus dicover plastik/lakban.
*biar gak kehujanan dan tetap fresh.
setelah mendengar penjelasan tersebut rasanya cukup reasonable juga mengirim dengan wahana dan saya juga salut sama kerja keras dari timnya yang serius fokus di low to mid, sayangnya wahana ini solid di p.jawa saja untuk selain jawa hanya di kota besar dan terbatas.
oke lets move on review saya kali .
1. WAHANA (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu)
*PLUS*
a. Murah
b. Bisa cek online (tracking) di www.wahanaonline.com karena website www.wahana.com lagi maintenance (per maret 2015), tapi khusus cek ongkir tetep ke www.wahana.com
c. Bisa request mau bukti pembayaran yang bisa kelihatan ongkos kirim nya di client (non digital) atau sebaliknya (digital)
d. On time (semua seragam 3 hari, pengalaman saya 2 hari aja udah nyampe)
e. Menyediakan paket kiriman yang hitungannya per 5 kg (beda divisi tapi satu kantor)
*MINUS*
a. Cabangnya sedikit
b. Penulisan alamat yang strict (kalau belum lengkap barang dikembalikan)
c. Wrapping yang strict (harus dibungkus plastik atau lakban)
d. Gak ada sistem kiriman express (semua seragam 3 hari, pengalaman saya 2 hari aja udah nyampe)
e. Hanya efektif di Pulau Jawa
2. JNE (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu)
www.jne.co.id
*PLUS*
a. Cabangnya banyak (menjamur)
b. Penulisan alamat gak ribet (kalau tujuannya instansi pemerintahan biasanya gak detail2 banget)
c. Wrappingnya simple (kalau kiriman kita pakai kertas secara otomatis dikasih plastik transparan)
d. On time (saya pernah habis jutaan untuk kirim barang karena kejar deadline jadi pakai yg YES yakin esok sampai, jadi worth it lah mahal untuk beli waktu)
e. Efektif seluruh Indonesia
*MINUS*
a. Mahal (bisa dibilang agen yg plg mahal, kalau volume banyak harga jadi selangit. pengalaman saya kirim pakai ini 2 kg jadi 9 kg karena volume)
3. POS INDONESIA (Senin-Jumat jam 08.00 am-20.00 pm, Sabtu) (Jam ini berlaku di Kantor pos pusat dan franchise, bukan cabang)
http://www.posindonesia.co.id
*PLUS*
a. Cabangnya banyak (belakangan ini buka sistem franchise)
b. Lebih murah dari JNE
c. Wrapping suka2 (boleh kertas tapi kalau mau di doble plastik bayar 2000)
d. On time
e. Efektif seluruh Indonesia (pengalaman barang client di Makassar belum sampai2 juga, akhirnya saya telepon pos disana, dan katanya barang masih di kantor pos karena pas dijabanin rumahnya kosong)
f. Ada jasa wrapping/bungkus (mmg gak resmi sih, tapi biasanya ditawarin kok jasa ini di kios terdekat)
g. Penulisan alamat gak ribet (kalau tujuannya instansi pemerintahan biasanya gak detail2 banget)
*MINUS*
a. Websitenya sering error (kalau mau cek ongkir jadi lama)
b. Scroll nya "dari dan alamat tujuan" di website terlalu panjang (jadi kalau lewat HP kudu telaten milihnya (saya sih mendingan pakai laptop))
c. Tracking online sering gak reliable (misalnya saya tracking masih aja kosong eh tau2 saya udah dipanggil front office buat ambil barang)
d. Ongkos kirim yang tertera di website belum ditambah pajak (jadi misal ongkir 15000 biasanya di kantor posnya jadi 18000-20000 (kadang bikin deg2an juga ya secara buat kita2 yang berdagang krn bikin nombok ongkir))
e. Pelayanan di kantor cabang biasanya lebih judes (kalau saya mending di kantor pusat sekalian atau di franchise)
4. TIKI
http://www.tiki-online.com/
Saya terbilang jarang kirim pakai TIKI, so far berdasarkan pengalaman saya yang terakhir :
*PLUS*
a. Satu2nya agen yang jam 7 pagi udah buka
b. Lebih murah dari pada JNE dan Pos (Versi website dan Aplikasi Ongkos Kirim Android)
c. On time
*MINUS*
a. Cabangnya jarang2
Nah teman2.. semoga artikel ini membantu dalam memilih agen yang cucok :D
mbak itu cek ongkir wahana di wahana.com itu bisa ya? kok saya gak muncul ya?
BalasHapusmalah saya ngeceknya di wahanatracking. cuma harganya meragukan. terlampau murah. saya dari malang mau kirim ke cimahi 40525
wahanaonline (dot) com mbak, seperti penjelasan saya di point 1 b. Memang harganya wahana terbilang paling murah dibanding jasa agen lainnya. Saya sendiri belum pernah mencari lewat wahanatracking (dot) com mbak.. hehehe. Mungkin bisa ditelepon untuk lebih validnya.
HapusSejauh ini saya pakai wahana tidak pernah ada masalah, malah saya sering menganjurkan kirim pakai Wahana karena barang dagangan saya gede2x :D jadi dihitung volume. Saya tidak mengamati sih yg saya kirim itu dalam atau luar pulau Jawa, malah baru tau kalau wahana katanya lbh efisien di dalam pulau Jawa. So far so good.
HapusDi deket rumah ada agen wahana, tp udah lama tutup krn banyak yg komplen krn paket hilang katanya. Jd udah ada perbaikan ya mbak. Worthed utk dicoba krn murah.
BalasHapusOiya kalo mau cek tarif pake www.cektarif.com lebih cepet.
saya juga sering cek pakai web tersebut mas. Di dekat rumah saya juga ada wahana tutup ternyata bukan tutup melainkan pindah kantor .. tepatnya di kotagede
HapusSaya pribadi kapok pake WAHANA mbak. Padahal cuman pengiriman dari Jogja ke Surabaya aja, tapi sampai hari ini yaitu udah 2,5 minggu barang saya ga sampai. Ga worthed sama sekali, habis pulsa telpon kesana kemari, dari yg awalnya murah malah marah-marah karena CS nya ga bisa kasih jawaban dan oper kesana kemari.
BalasHapuswah begitu ya mbak, akhirnya bagaimana ada tanggung jawabkah dari pihak agen ?
HapusTiki kebanyakan lebih mahal dr JNE.. udah gt klo ke daerah pelosok ada biaya administrasi perpanjangan lagi..
BalasHapussaya olshopholic lagi cari2 info jasa kurir wahana karena harganya yang menggiurkan, tapi kok kedengarannya kasihan sekali kurirnya. denger2 dr orang lain, memang agak lama sih estimasi sampainya.
BalasHapuscoba cek di web nya mbak.. ada estimasi 'berapa lama' barang tersebut sampai
HapusWahana murah, tp kurirnya mengerikan! Td dia keluarkan hp mau foto saya!! Memangnya saya artis yah? Aneh sekali!! Hati2!!
BalasHapusKalo aku sih apa aja deh
BalasHapussaya 2x pake jne cuma 1x yang sampe alamat mbak :v sisannya 1x barang salah alamat 2x saya harus ambil ke JNE 2x barang tak ada kabar *untung cuma kaset gak perlu hohoho
BalasHapusmungkin bisa menjelaskan ke pihak pengirim kak untuk melampirkan alamat atau denah yang paling dekat rumah (jadi gak papa kalau deskripsi di alamat pengirimannya panjang) :p
Hapusnumpang share, saya selaku penjual di tokopedia dan bulalapak sudah bbrapa kali menggunakan jasa wahana, awalnya sih bagus aman aman saja walaupun lama waktu sampai paket nya ke customer, tetapi baru baru ini barang saya hilang berjumlah 3 paket total nilai barang1 juta ++.. urusan klaim sangat lama, dan customer service wahana tidak respon telepon maupun email..sejak saat itu saya sudah kapok menggunakan WAHANA, lebih baik saya arahkan ke JNE, TIKI DAN POS, keterlaluan emang JASA SERVICE INI
BalasHapusakhirnya bagaimana pak.. adakah tanggung jawab dari agen ?
Hapussaya baru sx ini pakai wahana. super deg2an. biasa pke jne sehari nyampe walopun pke reguler.ini d tunggu ampe sore lom nyampe2 pdhl se DKI. hrs nunggu 3 hari ap y? ky pesenan di luar kota aja. klo jatim msh mending2. bsk2 nggak2 lg ah...
BalasHapuscoba di tracking kak melalui web nya
Hapus